Anda setuju kelas Murai tangkapan hutan di hapus di setiap lomba ?

Wednesday, January 28, 2015

Perawatan Murai Batu


halo sahabat kicau mania, kalau sampai anda membuka blog ini karena judulnya "perawatan murai batu" berarti anda baru memulai atau sedang mencari resep yang pas buat momongan anda, tips dari saya sesama pemula :

pasti anda banyak menemukan resep dari rekan kicau mania yang membagi pengalaman mereka tentang perawatan murai batu (perawatan standar murai batu, perawatan ala .. bla.. bla) mulai dari berapa banyak nya ekstra fooding (jangkrik, kroto, ulat hongkong, cacing tanah dll) yang harus diberikan kepada momongan anda. tapi sebaiknya jangan ditelan bulat bulat (jd pemula tapi kritis kan boleh) .. coba di cocokan (disesuaikan dahulu) dengan murai kesayangan anda dirumah. karena sejatinya murai batu itu "burung yang mempunyai karakter berbeda beda" dan suasana setiap rumah pemilik (suhu, tingkat keramaian, hama pengganggu dan konsistensi rawatan).

bila anda tidak kritis menyingkapi yang terjadi adalah.. hari ini si A bilang ..bla.. bla jangkrik 5-5, seminggu kemudian ada seorang pemain B murainya sering juara ..bla.. bla jangkrik 3-3. saran saya coba dulu dengan rawatan yang anda yakini cocok dengan karakter murai batu anda. (SOP perawatan bila tidak dijalankan konsisten yah percuma atau tidak ada hasil signifikan pada momongan anda "segala sesuatu yang tidak di tekuni hasilnya yah biasa biasa saja").

sekedar saran, lebih baik anda memelihara murai hasil peternakan dari pada tangkapan hutan sangat sulit dibaca karena giras dll dan pasti nya berpotensi ke kematian karena tingkat stress yang tinggi atau macet bunyi untuk waktu lama.

Murai hasil peternakan atau biasa disebut Murai Batu Ring adalah pilihan terbaik untuk saat ini, dari segi lomba kedepannya nanti di tahun 2017 sudah mulai diterapkan di setiap lomba bla.. bla bla.. bla. 

Kenapa saya menyarankan memilih murai ring, karena murai ring lebih mudah untuk beradaptasi, lebih condong mengeluarkan isian materi yang bervariasi dan tentunya lebih cepat menyenangkan si pemilik. Bila anda terjebak dengan murai bahan hutan, selamat menikmati tidur tidak nyenyak karena burung sudah lama dirawat tapi belum bersuara dll.

Dan bila anda mengadopsi murai ring, usahakan jangan terlalu di geber lomba dimasa muda nya (1x mabung).


3 comments: