Anda setuju kelas Murai tangkapan hutan di hapus di setiap lomba ?

Monday, February 3, 2014

Adopsi Murai Batu Ring - Code #Kremlin Section 1


Double RING OF FIRE ANG010 - KOMBAT 01 06 - Padepokan Balak 6 "Digdaya BF", Take over 12 Desember 2013

Notice

  - MBR : Murai Batu Ring
  - Trotol : Anakan Murai Batu sebelum mabung pertama
  - Ngriwik : Murai Batu mengeluarkan suara kecil seperti bersiul dengan frekuensi stabil /datar
  - Ngplong  : Suara nyanyian Mura Batu dengan nada normal dalam frekuensi tinggi dan rendah lengkap dengan suara treble dan bass.

Akhir 2013 lalu saya ngidam MBR hasil ternakan sudah dari awal bulan lalu memantau peternakan peternakan Murai. dulu saya selalu memantau website http://sklbirdfarm.com/ salah satu peternakan tersohor yang terletak di Jatibarang, Indramayu... hasil ternak anakan Murainya unggul dalam segi kualitas dan kuantitas. kemudian Ring Arco-Kapuk BF Serang dengan anakannya yang juga unggul dalam segala hal dengan harga yang pantas juga.

Setelah dipikir seandainya mengeluarkan uang lumayan besar untuk trotolan MBR umur 2 bulan sepertinya masih sayang sekali, memang sih harga yang ditawarkan ring peternak yang punya nama lebih mahal tapi memang sesuai dengan kualitas anakan Murai yang ditawarkan.

 Akhirnya ada teman menyarankan untuk memantau peternak MBR yang online di facebook anakan Murai umur 2 bulan kisaran 2,5 - 3 s/d 4 juta.

Om Andri minta izin gambar cover group Murai Batu Ring di facebook saya pakai :)

anehnya semua peternak menjawab "Anakannya indent Om" waduh,.. bisnis yang satu ini kalau ditekuni sepertinya menjanjikan (" nanti kita bahas ya di artikel lainnya') . Namun ada 1 peternak MBR yang bertempat di jakarta timur, setelah beberapa kali email dan sms ternyata ada 1 anakan Murai yang tidak jadi diadopsi pemilik baru. Setelah percakapan tersebut saya mulai memantau indukan anakan Murai yang ditawarkan tersebut .

http://balakdigdaya.blogspot.com/2013/09/studi-kasus-1-jantan-balak-6-vs-nias-bt.html 

Bila di telusuri katuragan dari indukannya Jantan (Balak6 Medan - Sabang) kemudian Betinanya (Nias Murni) hmm,... jadi ada 3 darah yang mengalir di ANG 010 'Medan - Sabang - Nias' ... boleh juga yang ditawarkan masih berbobot menurut pandangan saya sebagai pemula dalam dunia kicau dan belum pernah sama sekali memelihara Murai dari trotol. Setelah memantau mengamati mencermati dan menerima masukan pendapat dari teman.

Saya putuskan hari kamis tanggal 12 desember 2013 untuk datang ke peternakan tersebut di daerah klender jakarta timur untuk memantau FINAL antara jadi di adopsi atau tidak, kebetulan ada teman yang mau mengantar dan serba kebetulan .. walaupun harus mampir dahulu ke proyeknya di jakarta pusat hehehe yasudah yang penting ga sendirian hehehe. Mengamati peternakan tersebut wah ternyata beliau memang serius beternak Murai Batu, setelah berkeliling melihat indukan indukan MBR disana... kenapa tidak mengadopsi salah satu anakan MBR dari tempat beliau.

Anakan MBR yang ditawarkan akhirnya saya putuskan untuk mengadopsi nya dengan mahar yang bersahabat sekali. MBR ini double Ring di kaki kanan Digdaya ANG 010 dan kaki kiri Kombat 01 06 kenapa double Ring Kombat'  karena silangan dengan Murai Batu Nias Black tail Betina (Ibunya).


Nah ini photo nya umur 2 bulan kata beliau, yah kita coba saja merawat trotolan Murai Batu (Balak 4).

Kualitas ANG 010, terpantau ketika hariannya dirumah besoknya sudah 'Ngriwik wah saya senang setelah kemarin jauh jauh datang ke Klender untuk menjemput dia

hari kedua ketiga dan seminggu kemudian ANG 010 sudah mulai rajin 'Ngplong. setelah mulai sering terdengar 'Ngplong.. ANG 010 sudah mulai sahut sahutan dengan Murai Seniornya /Murai yang lebih mapan dirumah.. wah lama lama pasti sering perang ini, karena Murai yang senior dirumah klo denger ANG 010 ngriwik atau ngplong langsung nyahut jadinya sahut - sahutan #Hadeehh 

 Tanggal 21 Desember 2013 pertama kali ANG 010 Mandi dikeramba, tidak begitu sulit mengajarkan mandi dikerambah karena sebelumnya ANG 010 sudah sering melihat Murai seniornya mandi dikerambah mandi, tapi tetap dengan pancingan se ekor jangkrik agar dia mau pindah ke kandang kerambah. berikut foto dokumentasinya :


 

Tanggal 16 January 2014 saatnya mabung pertama, lepas trotol bulu muda menjadi Murai dewasa. nah disaat mabung ini saya sedikit ragu ragu untuk jenis kelaminnya karena bulunya kusam seperti betina tapi ada hologram biru sebagai tanda jantan #Edisi Galau


Hologram biru nya terlihat, seandainya ini betina berarti ini Murai yang tomboy mengingat dan mengamati kelakuannya yang ekspresif, lincah .. terkesan nakal. 50% - 50% perkiraan jenis kelaminnya kita lihat nanti setelah mabung selesai #Perawatannya yang cukup menyita waktu dan sudah menghabiskan banyak pakan contohnya saja tiap pagi jangkrik saya potong kakinya bersih 20* ekor, ulat hongkong 10 dan yang selalu harus ada adalah keroto 2 sendok makan... di sore hari saya berikan 10* ekor jangkrik saya potong kakinya bersih. Air minumnya selalu saya ganti paling bila telat karena saya tidak ada waktu hanya sampai 3 hari baru diganti. Vitamin asupan yang saya campur di air minumnya saya percayakan ke produk ebod dan Bio janna 6 saya mix dengan minuman mengandung oksigen dan yang terpenting adalah kebersihan kandang *setiap hari selalu dibersihkan.

untuk makanan tambahan+ saya berikan 5* ekor cacing tanah merah di potong potong bila sempat saja  sih tapi Alhamdulillah selalu disempatkan.

#Nah kalau sudah merawat sepenuh hati seperti itu apakah bila betina akan dikembalikan ke peternaknya = mungkin iya - mungkin saja tidak. #Kecewa bila itu perempuan = YA. yang terbesit di hati saya ya bila sudah positif jenis kelaminnya akan saya info kan ke peternaknya dan untuk keputusan dikembalikan bila betina kita lihat saja nanti, karena saya sudah merawat sepenuh hati bila dikembalikan berarti saya #Rugi WAKTU dan biaya perawatannya. GALAU# hahahaha

Ternyata memang disitu seninya merawat trotol, seni memaster, seni merawat agar jadi Murai yang dapat di handalkan sebagai pelapis untuk lomba lomba burung berkicau. karena mindset pertama ketika mengadopsinya adalah "mencari Murai untuk di lombakan"

30 January 2014 Akhirnya ekor tuntas sudah, 12 ekor sudah ambrol secara bertahap dan akhirnya di tanggal ini lengkap sudah.


noktah balak 4 (warna putih pada ekor hitam diatas berjumlah 4), ANG 010 darah ibunya lebih kental (Murai Nias).

1 February 2014 ANG 010 mengalami kemajuan significant sudah terlihat sebagai Murai dewasa, ganteng atau cantik ya ... monggo kita liat fotonya


No comments:

Post a Comment